Pengadilan Agama Cirebon Minta Pengamanan Polisi Saat Sidang Perceraian

KOTA CIREBON, DBFM – Pengadilan Agama (PA) Cirebon temui Kapolres Cirebon Kota untuk membangun sinergi dan kolaborasi serta meminta mengoptimalkan penjagaan keamanan di dalam ruang sidang PA maupun di luar gedung.

Ketua Pengadilan Agama Cirebon, Achmad Cholil, menyampaikan kunjungan kali ini sebagai permohonan bantuan keamanan dalam pelaksanaan tugas hakim. Pasalnya Hakim di PA Lumajang Jawa Timur terluka akibat lemparan kursi oleh tergugat.

“Tujuannya untuk menghindari kejadian serupa di Lumajang terulang kembali di PA Cirebon. Terkadang, orang yang sedang berperkara di PA tidak dapat mengontrol emosinya,” kata Cholil, Senin (31/10/2022).

Ditempat yang sama,  Kapolres Cirebon Kota AKBP M Fahri Siregar menegaskan siap memberikan bantuan terkait keamanan dalam pelaksanaan eksekusi oleh PA Cirebon.

“Polres Cirebon Kota, siap membantu dalam hal antisipasi keamanan agar eksekusi berjalan lancar,” ujarnya.

Fahri juga meminta kepada PA Cirebon memberikan perhatian khusus jika ada anggota Polres Cirebon Kota (Ciko) yang mengajukan gugatan cerai supaya dilakukan prosedur perdamaian dahulu untuk menghindari perceraian.

“Kalau bisa jangan sampai ada anggota Polres Ciko yang bercerai. jikapun harus bercerai, semua prosedur harus sudah dilalui sesuai peraturan Kapolri,” tandas Fahri. (denny)