Astra Tol Cipali Ajak Pengguna Jalan Aman Berkendara Melalui Safety Campaign

MAJALENGKA, DBFM – Astra Tol Cipali mengajak pengguna jalan aman berkendara melalui gerakan keselamatan atau Safety Campaign di rest area KM 166 Majalengka, Kamis (28/09/2022).

Direktur Operasi Astra Tol Cipali, Agung Prasetyo menjelaskan, Safety Campaign dengan hastag Gerakan Keselamatan ini sebagai upaya peningkatan layanan dan merealisasikan program 3E (Education, Engineering, dan Enforcement).

“Tentunya sejalan dengan program kami yakni, ESG (Environment, Social, Government). adapun kampanye keselamatan ini disosialisasikan kepada lebih dari 100 pengguna jalan,” jelas Agung.

Pihaknya menyebutkan berdasarkan data Departemen Traffic dan Security, 86% kecelakaan di tol disebabkan oleh faktor kelalaian manusia seperti mengantuk, lelah, kurang antisipasi dan overspeed.

“Dari data tersebut jumlah laka di Tol Cipali mengalami penurunan sebesar 6% jika dibandingkan tahun lalu. yakni di tahun 2021 sebanyak 212 laka dan pada tahun 2022 berjumlah 199 kasus laka,” katanya.

Agung menyampaikan Astra Tol Cipali akan terus melakukan berbagai inovasi fasilitas keselamatan diantaranya, fasilitas jalan, maupun fasilitas pendukung melalui pemasangan wire rope atau sling baja di 106 KM.

“Selain itu pemasangan alat timbang weight in motion (WIM) yang dipasang di Palimanan, pemasangan marka speed reducer di sepanjang Tol Cipali” ucapanya.

Sedangkan di area blindspot, kata Agung, ada pemasangan lampu strobe di 9 titik, pemasangan 10 lampu flip flop, pemasangan 40 titik lampu tiang tradisional yang mewakili budaya 5 kabupaten sebagai asesoris, serta 166 CCTV yang tersebar di setiap KM sepanjang Tol Cipali.

“Tujuan dari Gerakan Keselamatan ini mengajak peran aktif para pengguna jalan melalui Komitmen Keselamatan Berkendara. kami juga berharap kesadaran dari masyarakat untuk berkendara dengan aman sesuai batas kecepatan yang sudah di tentukan,” tambah Agung.  

Gerakan Keselamatan ini dihadiri oleh Kementerian Perhubungan, Korlantas Polri, dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). (denny)