Penggantian Empat Jembatan CH, Ada Contraflow di Jalur Pantura

KOTA CIREBON, DBFM – Penggantian atau duplikasi jembatan Callender Hamilton (CH) di wilayah Cirebon pada akhir bulan Juli ini, Polisi akan menerapkan contraflow selama proyek berlangsung.

Contruction Manager Bukaka Area Jabar 2, Budiyatno menyampaikan ada empat jembatan CH sepanjang jalur pantura Cirebon yang dilakukan penggantian atau duplikasi, sebab usianya sudah lebih dari empat puluh tahun.

“Ke empat jembatan CH tersebut yakni, jembatan Sigranela di Pegagan, jembatan Karangsambung di Kapetakan, jembatan Kalijaga di Kota Cirebon, serta jembatan Kanci di Astanajapura,” ucapnya, Senin (18/7/2022).

Dalam penggantian jembatan CH, pihaknya mengaku telah berkoordiasi dengan Kepolisian untuk menerapkan rekayasa arus lalu lintas contraflow selama pengerjaan proyek.

“Untuk pemberlakuan contraflow sudah dilakukan di jembatan CH Sigranela di Pegagan, sedangkan jembatan CH lainnya akan menyusul pada akhir bulan ini,” kata Budiyatno.

Menurutnya, pengerjaan proyek tersebut dilakukan hingga Oktober tahun 2023, namun pada saat lebaran nanti akan membuka fungsional jalan sehingga arus mudik tidak terganggu.

“Bagi masyarakat sekitar maupun pengendara yang melewati jalur pantura, kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan selama proses perbaikan jembatan dilaksanakan,” ujarnya.

Sementara Kasat lantas Cirebon Kota, AKP Triyono Raharja melalui KBO Lantas Iptu Joni menjelaskan, di wilayah Polres Cirebon Kota ada tiga jembatan Callender Hamilton (CH) yang dilakukan penggantian.

“Ketiga jembatan itu diantaranya, jembatan Sigranela di Pegagan, jembatan Karangsambung Kapetakan dan jembatan Kalijaga, sedangkan jembatan Kanci masuk ke wilayah Polresta Cirebon,” ungkapnya.

Pihaknya juga telah melakukan rekayasa contraflow di jembatan Sigranela Pegagan pada pekan lalu, sedangkan jembatan lainnya akan dilakukan pada akhir bulan ini.

“Setiap saat akan kami cek, jika terjadi kepadatan kami akan turunkan personil. Bagi truk besar lebih dari sumbu tiga diharapkan masuk tol, jika dari arah jawa bisa masuk ke tol kanci,” pungkasnya. (denny)