Idul Adha Tahun Ini Masjid Subulussalaam Potong 5 Sapi dan 25 Kambing

KOTA CIREBON, DBFM –Idul Adha pada tahun ini Masjid Subulussalaam Permata Harjamukti Utara, Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon melakukan pemotongan hewan kurban sebanyak 25 ekor kambing dan 5 ekor sapi.

Ketua DKM Subulussalaam, Naim Abdurachman mengatakan, penyembelihan hewan kurban Idul Adha tahun ini meningkat di banding tahun sebelumnya.

“Peningkatan pada kurban kambing. Tahun kemarin kambing 20 ekor sedangkan sapi sama sebanyak 5 ekor,” kata Naim, Minggu (10/7/2022).

Dalam hal penyaluran daging kurban, kata Naim, yang pertama lebih difokuskan ke masyarakat sekitar di RW 14 Permata Harjamukti Utara.

“Kemudian daging kurban juga disalurkan anak yatim piatu, kaum dhuafa dan panti asuhan, termasuk pondok pesantren dan para janda yang ada di wilayah Kelurahan Kalijaga,” ujarnya.

Panitia pemotongan hewan kurban DKM Subulussalaam, Ading menuturkan, kondisi hewan kurban yang disembelih tidak ada yang terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK) bahkan dia mengaku sempat didatangi tim kesehatan hewan kurban untuk memastikan hewan kurban bebas PMK.

“Kepada tim kesehatan kami menunjukan kartu sehat dari Kementerian Pertanian yang menyatakan sapi kurban yang kami diterima bebas dari PMK dan layak disembelih,” ujar Ading.

Ading menambahkan, proses penyembelihan hewan kurban berjalan lancar dan sangat singkat yang dibuktikan pemotongan lima sapi hanya waktu butuh waktu satu jam.

“Alhamdulillah pemotongan hewan kurban tahun ini meningkat. Saya berharap tahun depan lebih meningkat lagi,” tandasnya. (denny)