Selama 3 Hari KPw BI Cirebon Buka Penukaran Uang Baru di Rest Area KM 166 Tol Cipali

MAJALENGKA, DBFM – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon bekerja sama dengan perbankan membuka layanan penukaran uang rupiah pecahan baru di Halaman Masjid Bank Syariah Indonesia (BSI) di Rest Area KM 166 Tol Cipali.

Kepala KPw BI Cirebon, Hestu Wibowo menyampaikan, Layanan penukaran uang ini berlangsung selama 3 hari, pada tanggal 26-28 April 2022 dengan jam pelayanan mulai dari pukul 09.30 hingga 13.00 WIB.

“Perbankan yang terlibat dalam kegiatan pelayanan ini adalah BCA, BNI, BSI, dan BJB,” ungkap Hestu, Selasa (26/4/2022).

Hestu mengatakan, dalam pelayanan penukaran uang ini pihaknya bersama perbankan melakukan inovasi dimana penukaran tak hanya dilayani secara Cash on Cash (penukaran tunai), namun bisa dilakukan dengan Non Cash melalui pendebetan rekening di mesin EDC maupun melalui kanal QR Code Indonesian Standart (QRIS).

“Inovasi yang diterapkan ini merupakan kebijakan yang diambil terkait optimalisasi upaya pencegahan penyebaran Covid-19 melalui media uang yang berpindah tangan,” tuturnya.

Menurut Hestu, bank yang melakukan penukaran secara non cash melalui debit adalah BNI, BJB dan BCA. Sementara iuntuk bank yang bisa menggunakan QRIS adalah BSI dan BJB.

“Bagi masyarakat yang ingin menukar uang ada pembatasan, yaitu sebanyak 100 lembar per pecahan dengan pecahan kecil yang disediakan adalah Rp20.000 hingga Rp1.000. Jadi maksimal penukaran untuk tiap orang adalah Rp3.800.000,” ucapnya.

Kendati demikian, pihaknya akan terus mengupayakan penyediaan uang rupiah khususnya pecahan kecil bagi para pemudik yang beristirahat di rest area ruas tol Cipali KM 166.

“Jumlah yang kami sediakan mencapai 6,2 miliar rupiah. Kami juga berharap pemudik perlu tetap waspada dalam bertransaksi menggunakan uang rupiah dengan mengenali ciri keasliannya,” kata Hestu.

Hestu juga menghimbau untuk terus meningkatkan transkasi non tunai sebagai salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

“Tentunya kami pun bersama jaringan layanan perbankan menjamin ketersediaan uang layak edar selama periode Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 2022,” tutup Hestu. (denny)