Polres Cirebon Kota Siapkan Tim Urai Kemacetaan dan Dirikan 7 Pos Pam Mudik

Bagikan Artikel Ini

KOTA CIREBON, DBFM – Polres Cirebon Kota akan mendirikan 7 pos pengamanan (Pos Pam) di sejumlah titik yang kerap di lalui oleh pemudik. Selain itu, dalam upaya mengantisipasi kemacetan, pihaknya juga akan membentuk tim urai untuk memperlancar lalu lintas.

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Cirebon Kota, AKBP M Fahri Siregar saat melakukan pengecekan jalur mudik di jalan arteri pantura hingga ruas jalan tol, Jumat (15/4/2022).

“Kami mendirikan sebanyak 7 pos pam diantaranya, pos pam pasar celancang, bakorwil, kedawung, jalan pemuda, jalan kalijaga dan pos pam pasar mundu,” kata Fahri.

Selain itu ada 3 pos pelayanan, di rest area di tol KM 207 dan 208A, Terminal, serta pos terpadu di GTC gunung sari Kota Cirebon sebagai pusat komunikasi dan koordinasi informasi.

Ia mengatakan terdapat tiga pasar tradisional yang menjadi titik kemacetan (bottleneck) saat arus mudik, ke tiga pasar itu antara lain, Celancang, Harjamukti, dan Mundu.

“Kami akan dirikan pos pam di pasar itu. Dan juga akan kami siagakan anggota untuk mengatur arus lalu lintas,” ujarnya.

Pihaknya menyatakan, berdasarkan hasil survei ada 3 jalur utama yang akan digunakan oleh pemudik di wilayah hukum Polres Cirebon Kota.

“Ketiga jalur utama mudik tersebut, yakni jalur pantura tengah melalui Karangampel (Indramayu) menuju Kecamatan Kapetakan hingga Kalijaga, Kota Cirebon. Jalur kedua adalah jalur Jalan Jenderal Sudirman (Penggung) hingga Jalan Kalijaga, Kota Cirebon. Sedangkan jalur ketiga adalah jalur pantura utama mulai dari Kedawung hingga Mundu,” ucapnya.

Fahri memastikan kondisi jalan arteri maupun jalan tol di wilayah hukum Polres Cirebon Kota telah siap dilintasi pemudik dari Jakarta menuju Jateng maupun sebaliknya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Cirebon Kota, AKP Triyono Raharja menegaskan dalam rangka pelaksanaan Operasi Ketupat Lodaya 2022 akan ada penutupan di sejumlah U-Turn yang dilakukan pada saat arus mudik dan arus balik.

“Lokasi U-Turn yang ditutup, yakni jalan tengah tani sampai dengan bunderan kedawung, depan SPBU Kedawung, lampu merah cideng, dan lampu merah evakuasi,” tandasnya (denny)

Bagikan Artikel Ini