ASTRA Tol Cipali Resmi Membuka Jalan Tol Akses BIJB Kertajati

Bagikan Artikel Ini

MAJALENGKA, DBFM – Astra Tol Cipali resmi mengoperasikan Jalan Tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati pada Senin, (20/12/2021).

Group CEO Astra Infra Djap Tet Fa mengatakan, Pekerjaan pembangunan jalan tol Akses BIJB Kertajati terhubung langsung dengan jalan tol Cipali di KM 158+700 yang merupakan akses pembuka konektivitas bagi wilayah Majalengka dan sekitarnya.

“Dengan beroperasinya jalan tol akses BIJB Kertajati yang menghubungkan langsung tol Cipali menuju BIJB Kertajati akan semakin mempermudah konektivitas dan diharapkan akan memberikan dampak perekonomian bagi masyarakat daerah sekitar,” ungkapnya.

Presiden Direktur Astra Tol Cipali Firdaus Azis menerangkan, jalan tol akses BIJB Kertajati menggunakan tarif yang sama seperti gerbang tol Kertajati. adapun, pembangunan jalan tol akses BIJB Kertajati rampung pada bulan September 2021 yang dilanjutkan dengan uji laik fungsi dan uji laik operasi pada bulan Oktober lalu dan telah memenuhi standar pelayanan.

“Kami berharap peningkatan layanan yang diberikan Astra Tol Cipali dapat memberikan kelancaran, keamanan dan kenyamanan pengguna jalan saat berkendara khususnya menunjang perekonomian di wilayah sekitar,” ujar Firdaus.

Sementara itu, Dirut BIJB Kertajati, Muhammad Singgih menyebutkan, terkoneksinya BIJB Kertajati dengan tol Cipali dapat menambah daya tarik bagi BIJB Kertajati.

“Apalagi jika nantinya sudah tersambung dengan tol Cisumdawu tentunya akses dari tol Cipali menuju BIJB Kertajati hanya tiga menit,” kata Singgih.

Sebagai informasi, jalan tol ini sebagai jalan akses yang terhubung dengan jalan tol Cisumdawu, menjadi bagian dari program Rebana Metropolitan dengan menghubungkan tiga pusat pertumbuhan ekonomi di wilayah Jawa Barat yakni Bandara Kertajati, Pelabuhan Patimban serta pengembangan ekonomi Kawasan Ciayu Majakuning.

Astra Tol Cipali tidak hanya fokus kepada infrastruktur jalan saja, namun juga beautifikasi wilayah pembangunan akses BIJB Kertajati. Sebagai bagian dari wilayah Jawa Barat, Astra Tol Cipali membangun icon atau landmark yang berada di interchange jalan tol Akses BIJB Kertajati.

Ikon angklung dan terasering menjadi ciri khas dan keindahan budaya Jawa Barat sehingga Astra Tol Cipali mengusung tema “Melodi Panarima”, yang memiliki arti menyambut kedatangan dan mengiringi perjalanan. 

Seperti diketahui, Jalan tol Akses BIJB Kertajati yang memiliki panjang jalan sekitar ± 3.7 km, dengan lebar lajur 3,6 meter, berjumlah 4 lajur untuk 2 arah ini merupakan penambahan ruang lingkup yang menjadi bagian dari jalan tol Cikopo-Palimanan. (denny)

Bagikan Artikel Ini