Pemkot Cirebon Mulai Menyasar Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6–11 Tahun

Bagikan Artikel Ini

KOTA CIREBON, DBFM – Ketua Harian Satgas Covid-19 Kota Cirebon Agus Mulyadi menyatakan siap melaksanakan vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun, namun masih menunggu petunjuk pelaksanaan (juklak) dari Kemenkes mengenai pelaksanaan vaksinasi anak.

“Vaksinasi anak itu dilakukan dengan sejumlah syarat. yaitu, capaian vaksinasi Covid-19 dosis pertama harus mencapai 70 persen dan vaksinasi lansia sudah di atas 60 persen. dan Kota Cirebon sudah masuk,’’ ucap Agus, Senin (13/12/2021).

Menurutnya, untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 anak usia 6 – 11 tahun, bisa dilakukan terpusat atau dengan cara petugas puskesmas mendatangi sekolah-sekolah.

“Selain itu, perlu sinkronisasi data dengan Disdukcapil harus dilakukan terlebih dulu sehingga data anak yang divaksin masuk ke dalam database,” kata Agus.

Pihaknya menyebutkan, sejak 10 Desember 2021 lalu pencapaian vaksinasi Covid-19 dosis pertama di Kota Cirebon telah mencapai 100,11 persen. meski demikian percepatan untuk dosis kedua vaksinasi Covid-19 akan terus di kejar.

“Akan tetapi capaian vaksinasi Covid-19 bagi lansia di Kota Cirebon, baru mencapai 69 persen dari target, untuk itu percepatan vaksinasi juga masih diperlukan,”

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon, Edy Sugiarto menegaskan meski Kota Cirebon nol kasus Covid-19, namun pihaknya dan Satgas Covid-19 mengimbau agar masyarakat waspada dan tetap menerapkan prokes, pasalnya saat ini di sejumlah negara ada varian baru virus Corona yakni omicron.

“Intinya jangan sampai lengah karena pandemi belum usai, apalagi ada Covid-19 varian baru jenis omicron penularannya juga lebih cepat,” tukasnya.

  • Reporter: Denny Heryanto
  • Editor: Dewi Fitri Kurniawan
  • Redaktur: Joko Rumanto
  • Pemred: Dwi Dewi Nurhasanah
Bagikan Artikel Ini