Tracking dan Tracing Tetap di Lakukan Meski Kota Cirebon Nihil Kasus Covid-19

Bagikan Artikel Ini

KOTA CIREBON, DBFM – Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis menyebutkan, Pemda Kota Cirebon akan tetap gencar melakukan tracking (pelacakan) dan tracing (penelusuran) meski nihil kasus Covid-19 di Kota Cirebon.

“Ini sebagai upaya pencegahan dan menekan kasus penularan Covid-19. Tracking dan tracing tetap kami lakukan sebagai indikator seberapa banyak masyarakat yang sudah divaksin,” kata Wali Kota, Senin, (13/12/2021).

Wali Kota Cirebon meminta kepada masyarakat agar taat terhadap Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 yakni menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilitas. 

“Yang terpenting masyarakat menjaga prokes Covid-19 jika tidak ingin tertular, jangan sampai lengah,” imbau Wali Kota.

Meskipun vaksinasi gencar dilakukan, namun Dinas Kesehatan Kota Cirebon meminta pada pemerintah menutup bandara menjelang Natal dan Tahun Baru, pasalnya momen tersebut tingkat mobilitas masyarakat sangat tinggi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon Edy Sugiarto, mengatakan akses bandara perlu ditutup sampai akhir tahun, agar virus varian baru yakni omicron tidak meluas.

“Untuk sementara waktu, kami imbau bagi masyarkat Cirebon agar tidak bepergian ke luar negeri apalagi ke Afrika. karena Covid-19 varian omicron berasal dari sana,” kata edy.

Edy menambahkan, walaupun saat ini di Kota Cirebon nol kasus, namun masyarakat harus tetap waspada penyebaran Covid-19 masih mengintai.

“Yang penting patuhi Prokes kalau mau liburan. karena sampai saat ini hanya prokes yang ampuh cegah dari paparan Covid-19,” tutup Edy.

  • Reporter: Denny Heryanto
  • Editor: Dewi Fitri Kurniawan
  • Redaktur: Joko Rumanto
  • Pemred: Dwi Dewi Nurhasanah
Bagikan Artikel Ini