Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 Saat Nataru, Kabupaten Cirebon Siapkan Langkah Ini

Bagikan Artikel Ini

KABUPATEN CIREBON, DBFM – Menghadapi Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon tengah menyiapkan langkah antisipasi guna mencegah lonjakan kasus Covid-19.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes Kabupaten Cirebon Bambang Sumardi menjelaskan, antisipasi yang dilakukan yakni dengan mendirikan cek poin di akses masuk Kabupaten Cirebon.

“Warga dari luar yang ingin masuk Kabupaten Cirebon akan diperiksa. Jika tidak memenuhi syarat, akan diputarbalikkan,” jelas Bambang (13/12/2021).

Menurutnya, pelaksanaan skrining serta testing akan terus ditingkatkan. Begitu pula dengan capaian vaksinasi Covid-19 yang terus digenjot hingga tercapai target sebesar 70 persen pada akhir 2021.

“Kami juga akan melakukan tes acak kepada para pelaku perjalanan. Selain itu, akan memberikan pelayanan bagi pelaku perjalanan yang status kependudukannya Kabupaten Cirebon,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cirebon, Alex Suheriyawan menyampaikan, mulai tanggal 15 Desember 2021 Satgas Penanganan Covid-19 akan memantau kondisi dan perkembangan Covid-19 yang kemudian diputuskan cara pengendaliannya.

“Kami juga akan berkoordinasi dengan daerah yang masuk algomerasi seperti Kota Cirebon, Kuningan, Majalengka dan Indramayu. Koordinasi tersebut dimaksudkan untuk menyelaraskan penerapan pengendalian Covid-19 pada libur Nataru nanti,” tuturnya.

Dijelaskan Alex, Satgas Covid-19 akan tetap mendirikan cek poin di sejumlah pintu masuk wilayah Kabupaten Cirebon. Hal tersebut harus dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 saat liburan Nataru.

“Kami tidak akan melakukan penyekatan. namun, penerapan cek poin diproyeksikan tetap ada,” tandas Alex yang juga sebagai Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon.

  • Reporter: Denny Heryanto
  • Editor: Dewi Fitri Kurniawan
  • Redaktur: Joko Rumanto
  • Pemred: Dwi Dewi Nurhasanah

Bagikan Artikel Ini