Pemkot Cirebon Tetap Perketat Libur Nataru Meski PPKM Level 3 Batal

Bagikan Artikel Ini

KOTA CIREBON, DBFM – Pemkot Cirebon memastikan tetap akan memperketat di wilayah perbatasan masuk ke Kota Cirebon pada Natal dan tahun baru (Nataru) meski pemerintah pusat membatalkan status level 3 PPKM.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon Agus Mulyadi menegaskan, pengetatan tersebut bagian dari upaya mempertahankan status PPKM level 1 di Kota Cirebon, apalagi Kota Cirebon saat ini tercatat nol kasus Covid- 19.

“Ada empat titik penyekatan di pintu masuk ke kota pada malam pergantian tahun. warga dari luar kota Cirebon akan dipersulit untuk masuk,” tegas Agus, Rabu (8/12/2021).

Pihaknya menyampaikan nanti akan ada sosialisasi kepada masyarakat bahwa pemerintah tidak jadi menerapkan PPKM level 3 jelang Natal dan Tahun Baru, namun disesuaikan dengan level masing-masing kabupaten kota.

“Kota Cirebon akan kembali menerapkan sistem aglomerasi untuk kendaraan yang berasal dari luar wilayah Cirebon dan juga dilakukan sampling vaksin,” ucap Agus.

Dalam mengantisipasi perayaan malam baru, pihaknya akan membatasi seluruh aktivitas usaha seperti mall hingga pukul 10 malam. Meskipun demikian kegiatan sosial budaya boleh digelar tetapi hanya 50 persen dari kapasitas.

“Kami minta pada malam tahun baru tidak ada aktivitas di wilayah Kota Cirebon. Bagi yang melanggar, kami berikan sanksi,” tukas Agus.

Sementara itu, Polres Cirebon Kota akan melakukan patroli skala besar untuk pengawasan kepatuhan terhadap prokes dalam pengendalian mobilitas makro dan mikro.

Kapolres Cirebon Kota AKBP M Fahri Siregar memastikan, akan menerjunkan anggota ke sejumlah titik perbatasan, jika ada warga luar Kota Cirebon yang ingin masuk wajib menunjukkan kartu vaksin dan rapid antigen yang berlaku H-1.

“Kami juga akan melakukan penjagaan ketat di sejumlah gereja. Selain itu pada perayaan Natal nanti, jemaah di gereja dibatasi maksimal kuota jemaah 50 persen,” tandas Kapolres.

  • Reporter: Denny Heryanto
  • Editor: Dewi Fitri Kurniawan
  • Redaktur: Joko Rumanto
  • Pemred: Dwi Dewi Nurhasanah
Bagikan Artikel Ini