Vaksinasi Dosis Pertama di Kabupaten Cirebon Baru Mencapai 50 Persen

Bagikan Artikel Ini

KABUPATEN CIREBON, DBFM – Capaian vaksinasi dosis pertama di Kabupaten Cirebon saat ini telah mencapai 50 persen. Adapun Pemkab sendiri terus gencar melakukan vaksinasi di berbagai tempat untuk mencapai target capaian akhir tahun.

Wakil Bupati Cirebon Wahyu Tjiptaningsih saat mengahadiri Gebyar Vaksinasi Keluarga menyampaikan, capaian vaksinasi dosis pertama di Kabupaten Cirebon mencapai 43,83 persen, sementara vaksinasi lansia sebanyak 27,28 persen.

“Dengan pelaksanaan gebyar vaksinasi keluarga diharapkan target vaksinasi dosis 1 yaitu 50% dan lansia 40% segera tercapai,” ucapnya di acara Gebyar Vaksinasi Keluarga bersama Praktik Mandiri Bidan (PMB) di Desa Kejuden Kecamatan Depok, Rabu (3/11/2021).

Ayu mengungkapkan, pada kegiatan Gebyar Vaksinasi Keluarga ini, pihaknya menargetkan 1.200 dosis yang disuntikkan kepada masyarakat di Desa Kejuden.

“Kegiatan ini dilakukan selama enam hari dengan target 1.200 dosis. Semoga apa yang ditargetkan untuk mencapai herd immunity bisa tercapai,” ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk mencapai target herd immunity, Pemerintah Kabupaten Cirebon melakukan jemput bola bagi warga yang jauh dari fasilitas kesehatan seperti puskesmas.

“Vaksinasi jemput bola (door to door) kita lakukan dengan cara vaksinasi keluarga. seperti, warga yang jauh dari lokasi vaksin kita lakukan jemput bola artinya bisa dilakukan di rumah maupun di posyandu,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Cirebon, Eni Suhaeni mengatakan, kegiatan Gebyar Vaksinasi Keluarga dilakukan serentak di semua desa.

Menurutnya, ada 612 Praktik Mandiri Bidan (PMB) yang tersebar di 412 desa dan 12 kelurahan yang melakukan vaksinasi di Kabupaten Cirebon.

“Kita mendapatkan target dari BKKBN Pusat sebanyak 612 ribu dosis vaksin dengan sasaran keluarga untuk dua kali dosis. sedangkan puskesmas tiap hari targetnya 500 dosis dan bidan desa 10 dosis vaksin bagi lansia,” ungkapnya.

  • Reporter: Denny Heryanto
  • Editor: Dewi Fitri Kurniawan
  • Redaktur: Joko Rumanto
  • Pemred: Dwi Dewi Nurhasanah
Bagikan Artikel Ini