Selain Dukung CEF, DPRD Minta BI Beri Porsi Lebih Bagi UMKM Kota Cirebon

Bagikan Artikel Ini

KOTA CIREBON, DBFM – DPRD Kota Cirebon mendukung serta mengapresiasi Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon dalam upaya mendongrak kesejahteraan UMKM melalui Ciayumajakuning Entrepreuner Festival (CEF) ke-6 seri 3 2021.

Hal tersebut diungkapkan Anggota DPRD Kota Cirebon, Ana Susanti SE saat menghadiri CEF di Hotel Prima Kota Cirebon, Kamis (4/11/2021).

Pihaknya juga mendorong agar KPw BI Cirebon lebih banyak menjangkau UMKM yang ada di Kota Cirebon.

“Tadi saya lihat UMKM dari Kota Cirebon masih sedikit tapi sudah bagus karena ini pelaku usaha se-Ciayumajakuning,” kata Ana.

Ana juga menginginkan KPw BI Cirebon memberikan porsi lebih terkait pembinaan bagi usaha kecil. Sebab, lanjut Ana, tak sedikit pelaku usaha kecil yang terjerat koperasi ilegal.

“Ya banyak simpan pinjam ilegal, termasuk pinjaman online (pinjol) ilegal. Harus kita dorong ke sana. Agar mereka bisa terbebas dari jeratan itu,” kata anggota Fraksi Partai Golkar tersebut.

Sementara itu, Kepala KPw BI Cirebon Bakti Artanta mengatakan, tema CEF tahun ini mengusung sinergi dan kolaborasi untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi. Ia berharap pelaku usaha kembali bangkit di tengah pandemi Covid-19.

“Kita juga berupaya mempromosikan produk UMKM agar bisa bersaing di luar negeri. Ini upaya untuk meningkatkan perekonomian,” kata Bakti Artanta.

Senada disampaikan Wakil Walikota Cirebon Eti Herawati. Ia berharap produk UMKM di wilayah Ciayumajakuning bisa membantu pemulihan ekonomi di Jawa Barat.

“Pemerintah saat ini memerhatikan perkembangan UMKM. Kita mendorong pemanfaatan teknologi untuk kegiatan UMKM. Sehingga para pelaku UMKM dapat dengan mudah memasarkan produknya,” tutup Eti. (denny)

Bagikan Artikel Ini