Cara Jitu Nawar Harga Elektronik di Toko Semi Modern

KOTA CIREBON, DBFM – Kegiatan negoisasi atau tawar menawar merupakan hal yang biasa ditemukan sehari-hari saat proses jual-beli, tidak terkecuali ketika Anda membeli produk elektronik di toko tradisional ataupun semi modern.

Adapun negosiasi yang dimaksud bukan berdebat atau bertengkar dengan penjual, namun untuk memastikan Anda dapat memperoleh suatu produk dengan harga yang wajar.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan ketika menawar produk elektronik, Tips ini dapat membantu untuk memenangkan penawaran saat berbelanja :

1. Sebelum membeli barang, cari info harga barang yang sama di beberapa toko yang berbeda. Hal tersebut dilakukan untuk membandingkan harga. Sehingga saat menawar anda sudah punya patokan harga.

2. Berpikir rasional, meski tergoda untuk menawar harga dengan sangat rendah. namun, sebaiknya anda memberi penawaran harga yang mendekati harapan.

Menurunkan harga terlalu rendah bisa membuat penjual tersinggung dan langsung kehilangan rasa respek terhadap anda.

Bisa jadi, mereka malah tidak bersedia lagi menurunkan harga, bahkan memutus komunikasi dengan Anda.

3. Jika suatu barang terpajang di toko, Jangan tanya ‘ini harga berapa?’, tapi lebih baik ‘ini kena berapa?’ atau ‘ini pasnya berapa?’ Yang paling penting harus percaya diri. Ketika anda tegas, mereka akan memperhatikan. namun saat anda ragu, mereka tetap memberikan harga yang tertera.

4. Saran lainnya adalah dengan selalu mencari barang di pusat penjualan elektronik agar mendapat potongan lebih murah serta pilihannya pun lebih banyak, biasanya mereka juga memberi tambahan ‘gimmick’.

Sinta (33) asal Kebon Pelok Cirebon mengaku tak hanya tawar menawar di pasar tradisional, namun ia terapkan juga saat membeli produk elektronik dengan menawar.

“Tadi saya buktikan nawar sama sales di AIO Store Cirebon dan saya berhasil membawa TV 32″ seharga 2,1 juta dengan Gratis STB (Set Top Box) senilai 200rb,” kata Sinta, saat berbelanja di salah satu toko elektronik semi modern, Rabu (3/11/2021).

Menurutnya, naluri sebagai konsumen adalah mencari toko yang menjual produk berkualitas dengan harga yang ramah di kantong serta bisa ditawar.

“Kalau saya beli produk elektronik mending secara langsung mas, kalau beli di online takut mengecewakan barangnya,” tandas Sinta. (denny)