Sempat Terkendala Distribusi Vaksin, Bupati Cirebon Optimis Capaian Vaksinasi Selesai Akhir Tahun

Bagikan Artikel Ini

KABUPATEN CIREBON, DBFM – Bupati Cirebon Imron menyampaikan kepada semua pihak untuk meningkatkan kerja sama dalam mengejar pencapaian vaksinasi 70 persen di Kabupaten Cirebon sehingga bisa selesai pada akhir tahun.

Bupati mengaku, kendala lambannya pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Cirebon karena keterlambatan distribusi vaksin Covid-19 dari pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat.

“Kendala distribusi vaksin terjadi pada minggu kemarin. tapi sekarang sudah lancar,” kata Bupati saat memimpin rapat percepatan vaksinasi di Ruang Nyimas Gandasari, Gedung Setda Kabupaten Cirebon, Kecamatan Sumber, Jumat (29/10) lalu.

Selain keterlambatan proses distribusi, Bupati menyebut ada permasalahan proses vaksinasi karena adanya kesalahan input data oleh petugas di lapangan.

Tidak hanya itu, lanjut Imron, ada beberapa kepala desa yang tidak aktif melakukan sosialisasi vaksinasi. Padahal, peran aktif pimpinan di desa tersebut menjadi salah satu kunci kesuksesan program dari pemerintah pusat.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon per Kamis (28/10) warga yang menjadi sasaran untuk mendapatkan vaksinasi sebanyak 1.782.964. Dari jumlah tersebut, baru 1.025.674 jiwa.

Sementara, untuk sasaran masyarakat kelompok lansia baru sebanyak 40.469 orang dari total sasaran 154.777.

Sementara itu, Kapolresta Cirebon Kombes Pol Arif Budiman menegaskan siap membantu pemerintah untuk mencapai cakupan vaksinasi hingga 100 persen.

“Sampai saat ini kami masih melakukan vaksinasi massal dan kepada semua anggota yang terlibat sudah diimbau agar tetap semangat mengajak masyarakat untuk divaksin. kalau ada kendala jadikan sebagai evaluasi, bukan untuk berhenti,” tegasnya.

  • Reporter: Denny Heryanto
  • Editor: Dewi Fitri Kurniawan
  • Redaktur: Joko Rumanto
  • Pemred: Dwi Dewi Nurhasanah
Bagikan Artikel Ini