DB 90,8 FM CIREBON

Kompas Gramedia Radio Network

Mulai 26 Oktober Beli Tiket KA Wajib Gunakan NIK

19 Oktober 2021

KOTA CIREBON, DBFM – Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon Suprapto menyampaikan mulai 26 Oktober 2021 calon penumpang wajib menggunakan nomor induk kependudukan (NIK) saat pembelian tiket kereta.

“Selain penggunaan NIK atau paspor untuk WNA, ini juga berguna untuk memvalidasi status vaksinasi dan pemeriksaan tes bebas Covid-19 calon penumpang,” ungkapnya, Senin, (19/10/2021).

Pihaknya memastikan aturan penggunaan NIK dan paspor karena terintegrasi oleh aplikasi PeduliLindungi dengan sistem boarding KAI, bahkan data vaksinasi akan otomatis diverifikasi pada proses boarding.

“Kami imbau kepada pengguna jasa kereta api untuk segera melakukan update, dengan mendaftarkan NIK yang terdiri dari 16 digit secara tepat, agar proses verifikasi berjalan dengan baik,” ucapnya.

Suprapto memaparkan persyaratan administrasi protokol kesehatan untuk KA Jarak Jauh diantaranya, penumpang berusia diatas 12 tahun memiliki surat bebas Covid berupa hasil negatif PCR berlaku 2×24 jam atau Rapid Test Antigen 1×24 jam.

“Serta menunjukkan data telah divaksin Covid-19, minimal dosis tahap pertama dengan aplikasi Peduli Lindungi atau kartu vaksin,” ujarnya.

Namun, jika memiliki kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid sehingga tidak bisa di vaksin, maka persyaratan wajib melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.

“Dengan menyatakan bahwa yang bersangkutan belum atau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19. Selain itu, untuk anak di bawah usia 12 tahun belum diperkenankan naik KA,” tutup Suprapto.

  • Reporter: Denny Heryanto
  • Editor: Dewi Fitri Kurniawan
  • Redaktur: Joko Rumanto
  • Pemred: Dwi Dewi Nurhasanah
Bagikan Artikel Ini