DB 90,8 FM CIREBON

Kompas Gramedia Radio Network

Bupati Cirebon Apresiasi Baznas Atasi Masalah Ekonomi di Masa Pandemi

26 September 2021

KABUPATEN CIREBON, DBFM – Bupati Cirebon Imron mengapresiasi Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Cirebon yang kerap membantu mengatasi masalah ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Bupati mengatakan, zakat yang dihimpun oleh Baznas Kabupaten Cirebon berasal dari aparatur sipil negara (ASN) untuk disalurkan kepada masyarakat, diantaranya, bantuan sembako bagi penyuluh agama non PNS, bantuan sosial tunai, hingga bantuan alat kesehatan untuk penanganan wabah.

“Kalau menggunakan anggaran daerah harus melalui sejumlah mekanisme, tidak bisa secepat seperti dana dari zakat,” kata Imron saat memberikan bantuan bersama Baznas di Pendopo Bupati, Jalan Kartini, Kota Cirebon, Minggu (26/9/2021).

Ia mengaku bahwa bantuan untuk masyarakat disaat pandemi sebagian mengandalkan dari dana zakat yang dihimpun.

“Pemerintah Kabupaten Cirebon terbantu oleh Baznas dalam mengatasi sebagian permasalahan ekonomi di masyarakat saat pandemi,” ujarnya.

Imron menjelaskan, selain memberikan bantuan Covid-19, Baznas juga membantu warga yang tidak mempunyai biaya perawatan di rumah sakit, bahkan dibiayai hingga kembali pulih.

“Baznas juga setiap bulan memberikan bantuan kepada warga kesusahan maupun yang terkena bencana,” jelas Imron.

Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Cirebon, KH Budiman Mahfud menyampaikan, selama Agustus hingga September 2021 jumlah pendapatan dari zakat serta infaq lebih dari Rp 2,8 miliar.

“Sebelum akhir September, uang akan disalurkan, nanti kami distribusikan juga secara simbolis di kantor kami, karena sekarang masih ada waktu untuk menghimpun hingga akhir bulan ini,” ucapnya.

Budiman mengatakan, potensi pendapatan zakat dari aparatur sipil negara (ASN) setiap bulannya sebanyak Rp 1,3 miliar. Pada 2020 lalu, jumlah yang berhasil dihimpun mencapai Rp 11 miliar lebih.

“Pendistribusian yang dilakukan Baznas Kabupaten Cirebon dalam satu tahun bisa lebih dari lima kali, jadi memang sangat dinamis, begitu terima kemudian harus langsung didistribusikan,” tandasnya.

  • Reporter: Denny Heryanto
  • Editor: Dewi Fitri Kurniawan
  • Redaktur: Joko Rumanto
  • Pemred: Dwi Dewi Nurhasanah
Bagikan Artikel Ini