Sindikat Ganjal ATM Belajar dari YouTube di Ringkus Polisi

Bagikan Artikel Ini

KOTA CIREBON, DBFM – Berdasarkan hasil rekaman CCTV di gerai Anjungan Tunai Mandiri (ATM), Tim Khusus (TimSus) Satreskrim Polres Cirebon Kota meringkus sindikat spesialis ganjal ATM.

Kapolres Cirebon Kota AKBP M. Fahri Siregar menjelaskan, pelaku yang diringkus berjumlah empat orang, yakni Mer, Per, Jon, dan ITS. Sedangan satu pelaku lainnya berinisial Jul masih dalam pengejaran.

“Keempat tersangka ditangkap di Bogor dan Lampung. mereka sudah beraksi sebanyak 18 kali,” jelas Kapolres, Sabtu, (18/9/2021).

Kapolres menerangkan, pelaku beraksi di berbagai lokasi berbeda sebanyak 18 kali diantaranya, 10 kali di Kota Cirebon, 5 kali di Kabupaten Cirebon dan 3 kali di Kabupaten Indramayu.

“Dari keempat tersangka yang diringkus, dua tersangka inisial Mer dan Per merupakan residivis dengan kasus yang sama di Sukabumi,” terangnya.

Modus para tersangka, kata Kapolres, menukar kartu ATM dengan cepat ketika korban kesulitan memasukan kartu ATM karena sudah diganjal tusuk gigi.

“Para sindikat ini mencari mesin ATM secara acak dengan target mesin ATM yang lebih dari satu. kemudian setelah di tentukan, mereka menarget ATM di Grage Mall,” ujarnya.

Senada dengan Kapolres, Kasat Reskrim AKP I Putu Asti Hasti Hermawan mengatakan, para pelaku kerap beraksi di gerai mesin ATM yang sepi serta kurang pengawasan seperti mall dan minimarket.

“Jadi kami mengimbau yang pernah menjadi korban segera melapor, sebab kasus ini masih terus dikembangkan untuk mencari pelaku lainnya,” kata Putu.

Sementara itu, pengakuan para tersangka bahwa keahlian dan kemampuan mengganjal mesin ATM belajar dari YouTube.

“Kami belajar ganjal mesin ATM dari YouTube. uangnya kami gunakan untuk kebutuhan keluarga sehari-hari,” ucapnya.

Para tersangka dijerat dengan Pasal 363 KUHPidana tentang Pencurian dan Pemberatan dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. (denny)

Bagikan Artikel Ini