DB 90,8 FM CIREBON

Kompas Gramedia Radio Network

Tim Lab Periksa Sample Ratusan Burung yang Mati Mendadak di Balkot Cirebon

14 September 2021

KOTA CIREBON, DBFM – Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Peternakan (DKPPP) Kota Cirebon bersama tim dari UPTD Balai Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (BKHKMV) melakukan pemeriksaan bangkai burung dengan mengambil beberapa sample.

Tim Medis DKPPP Kota Cirebon, drh Tri Angka mengatakan, sample lendir bangkai burung berjenis pipit ini akan dibawa ke beberapa lab yang memiliki fasilitas pemeriksaan seperti di Bandung dan Subang.

“Akan diuji di laboratorium dengan metode PCR. Jadi nanti hasilnya nunggu dari lab, karena Kota Cirebon belum ada fasilitas untuk uji sample ini,” ucapnya.

Menurutnya, prediksi awal penyebab matinya ratusan burung pipit karena perubahan musim dan iklim.

“Ada kemungkinan burung-burung pipit ini keracunan pestisida juga karena memakan makanan yang telah tercemar pestisida,” ujarnya.

Seperti diketahui, ratusan burung pipit mati berserakan di halaman gedung Setda Balaikota saat Kota Cirebon diguyur hujan sejak pagi, Selasa, (14/9/2021).

Fenomena aneh tersebut sontak membuat pegawai di lingkungan Pemkot Cirebon terkejut, pasalnya ratusan burung pipit berjatuhan di Balaikota merupakan pertama kali terjadi di Kota Cirebon. (denny)

Bagikan Artikel Ini