DB 90,8 FM CIREBON

Kompas Gramedia Radio Network

HUT ke-76 PMI Cirebon Gelar Vaksinasi Drive Thru

14 September 2021

KABUPATEN CIREBON, DBFM – Dalam rangka HUT ke-76 Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cirebon menggelar vaksinasi Covid-19 secara drive thru atau layanan tanpa turun.

Kegiatan vaksinasi ini berlangsung di Gelanggang Olahraga (GOR) Watubelah, Jalan Fatahillah, Sumber Kabupaten Cirebon, Selasa (14/9/2021).

Bupati Cirebon Imron yang turut hadir menyampaikan, vaksinasi drive thru ini dilakukan untuk mempercepat pembentukan herd immunity atau kekebalan kelompok.

“Berharap akhir tahun bisa selesai dengan kerjasama dan gotong royong semua pihak, supaya pandemi ini segera selesai,” kata Imron.

Ketua PMI Kabupaten Cirebon, Sri Heviyana mengungkapkan, vaksinasi drive thru ini merupakan rangkaian HUT PMI dan salah satu upaya membantu Pemda dalam mencapai herd immunity warganya.

“Target vaksinasi ini 9.200 dosis, awalnya dibuka untuk warga Kabupaten Cirebon saja, namun akhirnya dibuka untuk umum. selain itu, pendaftaran juga langsung di lokasi tidak secara online,” ungkapnya.

Heviyana menilai, pelaksanaan vaksinasi drive thru bertempat di GOR Watubelah Sumber karena GOR tersebut bisa menampung masyarakat cukup banyak sehingga tidak menyebabkan kemacetan.

“Kita targetkan kegiatan satu hari selesai, tetapi kalau tidak memungkinkan kita bikin dua hari pelaksanaannya,” ujarnya.

Menurutnya, vaksinasi drive thru berbeda dengan vaksinasi pada umumnya karena masyarakat harus menggunakan kendaraan roda empat dan penerima vaksin tidak boleh turun dari kendaraan.

“Panitia juga menyediakan mobil khusus bagi warga, satu mobil hanya tiga orang yang di vaksin. Mulai dari pendataan, pengisian formulir, pengecekan tensi darah dan screening semuanya di dalam mobil,” tukasnya.

  • Reporter: Denny Heryanto
  • Editor: Dewi Fitri Kurniawan
  • Redaktur: Joko Rumanto
  • Pemred: Dwi Dewi Nurhasanah
Bagikan Artikel Ini