650 Santri Divaksin di Ponpes Jagasatru Kota Cirebon

Bagikan Artikel Ini

KOTA CIREBON, DBFM – Sebanyak 650 santri beserta ustadz dan ustadzah dari sejumlah pondok pesantren di Kota Cirebon mengikuti vaksinasi Covid-19 di komplek Pondok Pesantren (Ponpes) Jagasatru, Selasa (24/8/2021).

Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis, turut meninjau pelaksanaan vaksinasi dengan sasaran para santri. Ia berharap vaksinasi di Ponpes dapat memotivasi santri lain untuk ikut divaksin.

“Kami sangat bersyukur karena penyelenggaraan vaksinasi digelar di salah satu Ponpes yang selama ini jadi tauladan di Cirebon. Semoga memotivasi santri yang lainnya juga,” ungkap Azis.

Vaksin Covid-19, kata Azis, tidak menjamin seseorang bebas dari virus Corona. Namun, Ia memastikan vaksinasi merupakan bentuk ikhtiar agar tidak terpapar Covid-19.

“Ketika sudah divaksin, apabila terpapar, gejalanya menjadi ringan. Harapan kami, semua santri di Kota Cirebon bisa selesai divaksin paling lambat 22 Oktober nanti,” katanya.

Azis juga mengajak kepada semua warga yang sudah divaksin untuk tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes) dengan ketat. Tetap menggunakan masker, rajin mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

“Mari kita juga bersama-sama mendukung tenaga kesehatan (nakes) kita yang berupaya keras melakukan tracing, testing dan treatment untuk meminimalkan penyebaran Covid-19,” tuturnya.

Kepada para santri, Azis turut mengajak untuk bersama-sama memerangi hoaks atau kabar bohong yang banyak beredar selama pandemi Covid-19 terutama terkait vaksin.

“Carilah informasi dari sumber yang terpercaya. Filter before sharing. Sehingga informasi yang dibagikan bermanfaat,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon, H. Moh Ahsan, menjelaskan, hari ini yang divaksinasi Covid-19 diikuti oleh 650 santri dari 18 pesantren di Kota Cirebon.

“Kami juga siap menyukseskan gebyar vaksinasi tingkat Jabar pada 28 Agustus 2021 mendatang. Ada sekitar 3.071 santri dari 45 pondok pesantren di Kota Cirebon,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Kanwil Kementerian Agama Jawa Barat, Dr. H. Adib, mengatakan, pihaknya menargetkan 3 juta santri di Jabar yang akan melakukan vaksinasi Covid-19.

“Program ini bertujuan untuk membantu menyukseskan program vaksinasi di Jabar dan juga skala nasional,” tutup Adib.

  • Reporter&Foto: Denny Heryanto
  • Editor: Dewi Fitri Kurniawan
  • Redaktur: Joko Rumanto
  • Pemred: Dwi Dewi Nurhasanah
Bagikan Artikel Ini