Pasien Covid-19 di RS Gunung Jati Mulai Melandai

Bagikan Artikel Ini

KOTA CIREBON, DBFM – Direktur RS Gunung Jati, dr. Katibi mengatakan, pasien Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Daerah (RSD) Gunung Jati saat ini sudah melandai dan cenderung terus menurun.

“Sebelumnya, antrean mencapai puluhan, kini berkurang menjadi lima pasien rata-rata dalam sehari. Kondisi ini terjadi sejak pekan lalu,” ucapnya, Kamis, (19/8/21).

Menurutnya, dari total ruangan ICU khusus Covid-19 yang berjumlah 18 bed, saat ini terisi 12 tempat tidur dan semua pasien sudah tersalurkan, baik di ICU maupun di ruang perawatan isolasi.

Hal senada diungkapkan Wakil Direktur Pelayanan Medis dan Perawatan RSD Gunung Jati, dr. Yuni Darti. menurutnya, 85 persen dari jumlah pasien Covid-19 yang dirawat telah sembuh.

“Sedangkan untuk angka kematian turun signifikan, kurang dari 20 persen. adapun yang meninggal dunia adalah pasien yang memiliki penyakit penyerta atau biasa disebut komorbid,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Agus Mulyadi, menjelaskan berdasarkan data terakhir tingkat keterisian tempat tidur pasien Covid-19 di seluruh rumah sakit hanya mencapai 22 persen.

“Turunnya memang signifikan per tanggal 16 Agustus kemarin. Utamanya di RSD Gunung Jati dan rumah sakit swasta,” jelasnya.

Agus menilai, penurunan Bed Occupancy Rate (BOR) di rumah sakit merupakan dampak positif dari pemberlakuan PPKM darurat hingga berlevel.

“Kita harapkan ini bisa terjaga supaya jangan naik kembali. bahkan harus terus kita tekan jumlah kasusnya,” tukasnya.

  • Reporter&Foto: Denny Heryanto
  • Editor: Dewi Fitri Kurniawan
  • Redaktur: Joko Rumanto
  • Pemred: Dwi Dewi Nurhasanah

Bagikan Artikel Ini