Rumah Sakit Penuh, Kota Cirebon Akan Buka Tenda Darurat Pasien OTG Covid-19

KOTA CIREBON, DBFM – Berdasarkan perkembangan kasus Covid-19 di Kota Cirebon saat ini, pasien yang positif totalnya 6.193 orang, masih diisolasi sebanyak 568 orang, sedangkan selesai masa isolasi berjumlah 5.398 orang dan yang meninggal dunia mencapai 227 orang.

Terkait melonjaknya kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kota Cirebon, Pemkot Cirebon akan menyiapkan tenda darurat di halaman Hotel Ono’s bagi pasien Covid-19, pasalnya ruang inap di seluruh rumah sakit pemerintah dan swasta di Kota Cirebon telah penuh.

Walikota Cirebon, Nashrudin Azis menyatakan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Cirebon saat ini melonjak, bahkan kamar isolasi bagi pasien orang tanpa gejala (OTG) di beberapa hotel yang sudah melampaui kapasitas.

Oleh karena itu, Pemkot Cirebon telah menyiapkan barak atau tenda darurat milik BPBD yang akan dipasang dihalaman hotel Ono’s untuk pasien yang masuk waiting list. pihaknya juga menyebut ada dua tenda yang akan dipasang dengan kapasitas 30 pasien isolasi.

“Kamar yang disediakan oleh Rumah Sakit Pemerintah maupun swasta hingga hari ini sudah digunakan hampir mendekati 100 persen,” ungkap Azis, usai rapat Paripurna DPRD, Selasa, (22/6/2021).

Sementara itu, Ketua Harian Satgas Penanganan COVID-19 Kota Cirebon Agus Mulyadi menjelaskan, pembangunan tenda darurat untuk pasien OTG bekerja sama dengan BPBD Kota Cirebon, sedangkan suplai perlengkapan dan peralatan berkoordinasi dengan TNI.

“Sebelum mendapatkan ruang perawatan atau yang masuk dalam daftar tunggu, bagi yang berstatus OTG kami minta sementara waktu melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing,” tutup Agus.