Satgas Covid-19 Kota Cirebon Minta Lansia Tak Perlu Takut Vaksinasi

Termakan Isu Hoaks, Para Lansia Kota Cirebon Takut Disuntik Vaksin Covid-19

KOTA CIREBON, DBFM – Satgas Covid-19 sekaligus Camat Lemahwungkuk, Adam Walesa mengatakan vaksinasi Covid-19 bukan hal yang perlu ditakuti khususnya lansia. pasalnya, mereka kerap mendapat informasi dari sumber yang tidak dapat di pertanggungjawabkan.

“Jangan khawatir, karena sebelum penyuntikan vaksin pasti dilakukan proses screening oleh dokter dan tenaga kesehatan,” kata Adam, usai rapat evaluasi Covid-19 di Balai Kota Cirebon, Rabu, (2/6/2021).

Menurutnya, peserta vaksinasi harus dipastikan tidak memiliki komorbid atau penyakit penyerta untuk bisa lolos tahap screening. Jika lolos, warga kemudian menjalani penyuntikan vaksin di ruang yang sudah ditentukan.

“Jadi masyarakat tak perlu khawatir, kalau memang yang bersangkutan tidak lolos screening maka vaksinasi itu tidak dilakukan,” ucapnya.

Adam menyampaikan, vaksinasi Covid-19 di wilayah Kecamatan Lemahwungkuk sudah berjalan sejak bulan ramadan, khususnya untuk lansia dan pelayan publik.

“Target tahap pertama cakupannya sudah 90 persen, untuk tahap kedua prosesnya masih berjalan, jadi belum dapat dipresentasikan,” jelas Adam.

Pihaknya mengaku antusiasme masyarakat terhadap program vaksinasi Covid-19 cukup baik. namun, ada sebagian yang masih termakan isu-isu hoaks pemberitaan negatif soal vaksinasi Covid-19.

“Kami terus berupaya mensosialisasikan vaksinasi ini, dan kami pun menjemput warga yang tinggalnya jauh dari lokasi vaksinasi, semoga di tahap kedua ini dapat berjalan maksimal,” harapnya.