Aliansi LSM Kota Cirebon Tolak Class Action ARM

Bagikan Artikel Ini

KOTA CIREBON, DBFM – Aliansi Rakyat Menggugat (ARM) yang tengah mempersiapkan gugatan class action terhadap Wali Kota Cirebon dan Yayasan Pendidikan Swadaya Gunung Jati (YPSGJ) Cirebon, mendapat reaksi keras dari Aliansi LSM Kota Cirebon.

Ketua LSM Penjara, Agung Sentosa menilai pernyataan dari Ketua Umum ARM, Furqon Mujahid Bangun dapat merusak kondusifitas Kota Cirebon atas gugatan class action ini.

“Hal tersebut diungkapkan di salah satu media online bahwa ARM akan menggandeng LBH ARM untuk melakukan upaya hukum berupa gugatan class action dan mengklaim telah mendapat dukungan dari beberapa tokoh nasional”, ujarnya, Jumat malam, (21/5/21).

Pihaknya mengatakan, di dalam unggahan tersebut, Ketua Umum ARM, Furqon Mujahid Bangun akan memperjuangkan serta mempertahankan agar kawasan Stadion Bima Kota Cirebon tetap sebagai kawasan ruang terbuka hijau (RTH) sesuai Perda No.8/2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) kota Cirebon Tahun 2011-2031.

“Pernyataan dari Ketua Umum ARM ini jelas sudah mengobok-obok kondusifitas Kota Cirebon dan harus kita hentikan,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Kaukus Muda Kota Cirebon, Reno Sukrisno mengatakan, pernyataan Ketua Umum ARM telah mencedarai masyarakat Kota Cirebon, terutama dalam hal pengembangan pendidikan.

“Kawan-kawan sepakat bahwa Unswagati telah berperan banyak dalam pengembangan pendidikan di Kota Cirebon. maka siapapun yang menghadang, kita akan lawan, baik dilakukan perorangan maupun lembaga,” tegas Reno.

Ditempat yang sama, Ketua LSM Gapura, Ajie Priatna menyatakan, ARM ini bukan lembaga yang berkedudukan di Cirebon, namun pihaknya menduga bahwa lembaga ini ada yang mengendalikan.

“Kita harus cari dalangnya yang mengendalikan dari Kota Cirebon, jika ARM secara masif dan mengganggu kondusifitas Kota Cirebon, maka kami akan lawan, baik secara somasi maupun hukum adat,” tegasnya.

Hadir dalam acara tersebut sedikitnya 25 LSM, diantaranya, GMK, AMX, GRIB, Baret, LMP, GM FKPPI, Kaukus Muda, Brigade 05, KBHI, Al Jabar, BAR, Penjara, Gapura LPMI. MPKW, PBB, Cakralang Buana, AKP-HAM, Bagus, GIBAS dan lainnya.

Bagikan Artikel Ini