DB 90,8 FM CIREBON

Kompas Gramedia Radio Network

Kota Cirebon Punya Posko Penanganan Covid-19 Tiap Kelurahan

11 Mei 2021

KOTA CIREBON, DBFM – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Agus Mulyadi, mengaku seluruh kelurahan di Kota Cirebon telah memiliki Posko Penanganan Covid-19.

“Posko tersebar di 22 kelurahan dan
setiap pengurus RT hingga kecamatan menjalani tugasnya untuk mengingatkan masyarakat bahwa pandemi Covid-19 masih terjadi”, kata Agus, Senin, (10/5/21).

Menurutnya, dasar pembentukan posko dari surat edaran (SE) Wali Kota Cirebon Nomor 443/06-Pem tentang pembentukan posko penanganan Covid-19 tingkat kelurahan dan tingkat kecamatan di Kota Cirebon yang dikeluarkan tanggal 8 Februari 2021.

“Keberadaan posko juga ditunjang dengan adanya aplikasi ‘Jaga Warga’ yang memudahkan setiap RT di Kota Cirebon untuk memberikan laporan kondisi penyebaran Covid-19, karena ketua RT yang paling mengetahui kondisi di lingkungannya,” ungkap Agus.

Agus mengatakan, dengan mengetahui laporan kondisi di tingkat RT setiap harinya, maka bisa diambil tindakan yang tepat untuk menangani Covid-19 di daerah tersebut. 

Kendati demikian, lanjut Agus, pada masa larangan mudik dan libur Lebaran 2021, ketua RT di Kota Cirebon juga memiliki terobosan. yakni, membagikan kuesioner untuk memonitor pendatang yang masuk ke lingkungannya.

“Masyarakat sudah lelah, kita jangan sampai lelah menjalankan tugas mengingatkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan,” tandas Agus usai rapat koordinasi dengan tim Satgas Covid-19 Nasional.

Bagikan Artikel Ini