Pelabuhan Tanjung Priok akan Hubungkan Pelabuhan Cirebon dengan Pelabuhan Lainnya

KOTA CIREBON, DBFM — PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP) berencana akan menghubungkan pelabuhan Cirebon dengan pelabuhan lainnya di Indonesia.

Hal tersebut dikatakan Direktur Utama PT. Pelabuhan Tanjung Priok (PTP) Drajat Sulistyo saat melakukan kunjungan kerja ke pelabuhan Cirebon, dan bertemu Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati di Balaikota.

“Kunjungan kerja hari ini bertujuan melihat pelabuhan Cirebon  pengembangannya seperti apa ke depannya,” kata Drajat, Kamis, (25/3/2021).

Ia mengaku setelah beberapa kali bertemu dengan pengusaha, berencana akan membuat ‘Extender Gateway’ yaitu untuk ekspor bisa dilakukan dari pelabuhan Cirebon.

“Pelabuhan di Indonesia maupun pelabuhan Cirebon di mata Internasional hanya melayani domisili saja yakni, kebutuhan-kebutuhan pabrikan yang memang sifatnya domestik,” ungkapnya.

Kendati demikian, Drajat berujar, Kedepannya akan lebih ke arah bagaimana meng-connecting-kan pelabuhan Cirebon dengan pelabuhan-pelabuhan lainnya.

Pihaknya menilai komoditi yang ada di Cirebon baik dari hasil kerajinan, industri maupun potensi ekspornya sangat bagus. bahkan, kata Drajat, Pelabuhan Cirebon juga akan dijadikan sebagai wisata heritage.

“Kita coba mau bantu untuk membangkitkan ekspor dari Pelabuhan Cirebon,” pungkasnya.