PRSSNI Jabar Gelar Workshop Jurnalistik Radio di Era Digital

Bagikan Artikel Ini

MAJALENGKA, DBFM — Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI) Jabar menggelar workshop jurnalistik reporter radio di wilayah III Cirebon yang berlangsung di Radio Indraswara, Jalan Pramuka No.10 Majalengka, Selasa, (23/03/21).

Wakil Ketua Bidang Program PRSSNI Jabar, Steven mengatakan, workshop jurnalistik radio dilakukan secara roadshow di beberapa kota yang terdapat 6 korwil.

“Diadakannya workshop ini agar reporter radio anggota PRSSNI punya kemampuan lebih dibidang jurnalistik,” ungkapnya.

Adapun tujuan lainnya agar radio anggota PRSSNI ikut berkontrubusi pemberitaan di program LPS Jabar Now.

Menurutnya, program Jabar Now merupakan pemberitaan dari anggota PRSSNI di daerah yang dihimpun dan disiarkan secara serentak.

“PRSSNI Jabar termasuk PRSSNI paling besar di Indonesia yang memiliki anggota 108 radio, dan tentunya program Jabar Now punya efek serta daya tarik,” katanya.

Selain itu, program Jabar Now kedepannya tidak hanya didengar tapi berbentuk audio visual yang akan merambah ke medsos dan platform digital.

“Untuk itu kami sedang setting audio visual di Bandung dan nantinya boleh di manfaatkan oleh radio anggota PRSSNI agar bisa memproduksi konten Jabar Now,” ujarnya.

Pihaknya memastikan hal tersebut dilakukan guna memberikan motivasi dan inspirasi kepada anggota PRSSNI agar melakukan jurnalistik radio di era penuh dengan digital.

Ditempat yang sama, Sekretaris PRSSNI Jabar sekaligus Pemred Jabar Now, Wan Abas memaparkan, workshop jurnalistik ini bertujuan agar radio kembali bergaung dan diperhatikan oleh masyarakat di era serba digital.

“Program Jabar Now adalah karya jurnalistik yang sesuai dengan ‘khittah’ nya dengan format menyuarakan aspirasi dan masalah di masyarakat,” ucapnya.

Pihaknya menilai saat ini banyak karya jurnalistik menyerupai advertorial dan seremonial sehingga media seperti menjadi corong pemerintah atau penguasa.

“Reporter itu harus punya idealisme, bergaining power, selalu kritis dan menjadi pengawas kebijakan,” tegasnya.

Kendati demikian, kata Abas, Jabar Now juga mempunyai pemberitaan khusus advertorial untuk sosialisasi kegiatan pemerintahan maupun swasta.

“Ada slot advertorial di Jabar Now yaitu Kilas Ciayumajakuning, silakan dimanfaakan bagi pemerintahan, stakeholder maupun swasta untuk sosialisasi kegiatan”, tutup Abas.

Bagikan Artikel Ini