Satreskrim Polres Cirebon Kota Ringkus Komplotan Pembobol ATM Modus Cabut Listrik

Bagikan Artikel Ini

KOTA CIREBON, DBFM — Satreskrim Polres Cirebon Kota meringkus dua tersangka pembobol mesin anjungan tunai mandiri (ATM) yang berlokasi di depan Hotel Amaris, Jalan Siliwangi Kota Cirebon.

Wakapolres Cirebon Kota Kompol Ali Rais mengatakan, dua tersangka berinisial H dan W membobol mesin ATM pada 2 Maret 2021 sekitar pukul 18.00 WIB ketika keadaan sekitar sepi.

“Modusnya dengan memasukkan kartu ATM ke mesin, ketika mesin ATM sedang memproses uang, tersangka H mencabut aliran listrik sehingga mesin ATM mati, setelah itu tersangka mengambil uang yang sudah berada di mulut mesin ATM,” ungkapnya, Rabu, (17/3/21).

Selanjutnya, kata Ali, tersangka HW menggunakan tongsis yang sudah di modifikasi untuk mencongkel uang yang sudah ada di mulut mesin ATM.

“Uang yang berhasil di ambil sebesar Rp 2 Juta, namun kartu ATM tersangka tertelan, nah dari situ kita berhasil mengungkap,” ujarnya.

Menurutnya, tersangka tidak menggunakan kartu ATM pribadi melainkan milik orang lain yang dipinjam. adapun aksi tersebut tidak hanya dilakukan di Cirebon, namun di beberapa daerah lainnya.

“Dari kedua tersangka, kami menyita alat bukti di antaranya empat kartu ATM, satu tongkat eksis (tongsis) yang dimodifikasi, tang, obeng dan lainnya. Para tersangka akan dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman kurangan penjara paling lama tujuh tahun,” pungkasnya.

Bagikan Artikel Ini