DB 90,8 FM CIREBON

Kompas Gramedia Radio Network

KPwBI Cirebon Launching dan Webinar ETPD Menuju Smart City Pemkab Cirebon

26 Januari 2021

DBFM, CIREBON — Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Cirebon melaksanakan Launching dan Webinar Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) Pemerintah Kabupaten Cirebon menuju Smart City, bertempat di Pendopo Bupati, Jalan Kartini No.1 Kota Cirebon, Selasa, (26/1/21).

Kepala KPwBI Cirebon, Bakti Artanta mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk Sinergi serta Kolaborasi PemKab Cirebon dengan KPwBI Cirebon dan Bank BJB yang menjadi rangkaian kegiatan menuju Festival Ekonomi dan Keuangan Digital (EKD).

“Kegiatan ini dalam rangka mengakselerasi dan memperluas perkembangan Ekonomi dan Keuangan Digital di era pandemi. Dan Bank Indonesia akan melaksanakan Festival EKD serentak di seluruh KPw BI pada bulan April 2021,” ungkapnya.

Bakti menjelaskan, ETPD merupakan bentuk inovasi pengelolaan keuangan pemerintah baik dari sisi pengeluaran maupun penerimaan daerah seperti retribusi dan pajak.

Selain itu ETPD juga dapat mengoptimalkan penerimaan daerah serta meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan anggaran secara digital.

“ETPD yang di launching dari sisi transaksi penerimaan daerah, baik pajak maupun retribusi daerah melalui perluasan kanal pembayaran dengan QRIS dan hal ini sejalan dengan harapan Bupati Cirebon agar Kabupaten Cirebon melakukan adaptasi sistem pemerintahan di era digital,” jelasnya.

Menurutnya inovasi digital terhadap layanan transaksi keuangan daerah dengan kanal QRIS mempermudah masyarakat membayar retribusi dan pajak, dapat meningkatkan pendapatan daerah secara optimal untuk mendukung pembangunan Kabupaten Cirebon.

Bakti memastikan pada tahun 2021 Bank Indonesia menetapkan strategi pencapaian 12 juta merchant QRIS secara Nasional dalam rangka mendorong pembentukan ekosistem EKD dan untuk mendorong akseptasi QRIS di masyarakat serta fitur QRIS dikembangkan termasuk transaksi transfer, tarik dan setor.

“Untuk wilayah Ciayumajakuning, sejak di launching 17 Agustus 2019, merchant QRIS per tanggal 31 Desember 2020 sebanyak 94.480 dan untuk mendukung pencapaian target merchant QRIS secara Nasional, perlu sinergi dan kolaborasi semua pihak termasuk PemKab Cirebon dan Bank BJB,” tandasnya.

Bagikan Artikel Ini