Dinkes Kota Cirebon dan 22 Puskesmas Bersiap Lakukan Vaksinasi Covid-19

Dinas Kesehatan Kota Cirebon tengah mempersiapkan kedatangan vaksin sinovac asal tiongkok di Kota Cirebon pada Januari 2021 mendatang. Adapun Dinkes Kota Cirebon tengah melakukan koordinasi dengan 22 Puskesmas.

Kepala Dinkes Kota Cirebon, Edy Sugiarto menyatakan telah mengusulkan sekitar 50.000 vaksin Covid-19 untuk masyarakat dan tenaga kesehatan (nakes) yang menjadi prioritas utamanya.

“Tenaga medis yang akam di dahulukan pada Januari tahun 2021 secara serentak, ada juga yang mendapatkan vaksinasi ini yaitu peserta PBI, TNI, Polri, adapun wartawan juga termasuk yang penting datanya terdaftar di BPJS,” terangnya, Rabu, (9/12).

Menurutnya, waktu pemberian vaksin Covid-19 pada Januari mendatang bersamaan dengan vaksin pneumonia bagi bayi. untuk tahap awal, vaksin Covid-19 akan diberikan kepada para nakes sebagai garda terdepan dalam penanganan pandemi.

“Namun tidak semua nakes di vaksin. ada kriteria yang harus terpenuhi untuk mendapat vaksin ini yakni yang non comorbid (tanpa penyakit penyerta),” ucapnya.

Pihaknya sejauh ini mengantongi data sebanyak 102.700 nakes. dari jumlah itu, akan disaring setiap nakes non comorbid sebagai yang berhak menerima vaksin.

Secara umum, pihaknya masih mengumpulkan data penerima vaksin dengan berkoordinasi bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat.

“Kami siapkan data dan logistik untuk menerima vaksin Covid-19 sekaligus pendistribusiannya,” ujarnya.

Edy mengaku sudah menyiapkan tenaga vaksinator dari 22 puskesmas di Kota Cirebon. mereka juga sudah dilatih melalui pelatihan secara daring.

Pihaknya pun menyarankan agar sebanyak 70 persen masyarakat Kota Cirebon divaksinasi. dengan begitu, 30 persen masyarakat lainnya, termasuk yang memiliki penyakit penyerta bisa terlindungi. 

Sampai kini, sedikitnya 1.475 kasus Covid-19 di Kota Cirebon. Dari jumlah itu, 56 orang meninggal dunia, 709 orang masih menjalani perawatan di rumah sakit maupun karantina mandiri, dan 710 orang pulih.