DB 90,8 FM CIREBON

Kompas Gramedia Radio Network

Perkenalkan Bilah Sebagai Budaya Melalui Grand Prix 2 Indonesian Blades Chapter Cakrabuana

8 November 2020

Kerasnya kayu balok terbelah dalam waktu hitungan menit. Kerasnya bola golf pun kandas dalam satu kali tebasan.

Hal itu terlihat saat para peserta tengah mengikuti kompetisi di Grand Prix 2 Indonesian Blades Chapter Cakrabuana yang digelar di Taman Air Goa Sunyaragi di Jalan Brigjen Dharsono By Pass, Kota Cirebon, Minggu, (8/11/2020).

Ketua Umum Indonesian Blades, Cornelius Rusandhy mengatakan, sedikitnya ada sekitar 60 orang peserta dari berbagai daerah yang mengikuti kompetisi tersebut.

“60 peserta ini ada yang dari Cirebon, Jepara, Bandung, Sukabumi dan Kota lainnya”, ucapnya.

Pihaknya menjelaskan ada beberapa rintangan yang harus para peserta lewati. Seperti memotong kayu, kertas, botol air yang dijejer dan lain sebagainya.

Dikatakan Cornelius, salah satu tujuan diselenggarakannya kompetisi ini untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa pisau, selain bisa menjadi alat bantu, juga sebagai simbol budaya.

“Ini adalah olahraga bilah atau pisau. Tapi ini adalah cara kita untuk menjembatani supaya yang masih muda tertarik kepada pisau. Dari situ kita akan memperkenalkan bilah itu sebagai budaya”, tandasnya.

Pihaknya menyebut Indonesian Blades ini mencakup seluruh Indonesia yang berjumlah 20 chapter dari Aceh hingga Papua. Selain itu, tujuan dari kompetisi ini untuk mencari dan menyaring calon atlet dari setiap chapter yang menjadi peserta untuk diikut sertakan chopping multicut Grand Prix tingkat nasional.

Pada kesempatan tersebut tampak hadir Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati, Sekretaris Daerah Agus Mulyadi, Dandim 0614 Letkol (Inf) Herry Indriyanto, FKKPI, Laskar Macan Ali dan lainnya.

Bagikan Artikel Ini