Pembagian Air Bersih Polres Cirebon Kota di Bungko Diwarnai Aksi Cekcok Emak Emak

Bagikan Artikel Ini

Warga desa bungko yang mengalami kekeringan dibagikan air gratis oleh Fortuner Cirebon Community dan Polres Cirebon Kota, Selasa (3/12).

Kapolres Cirebon Kota AKBP Roland Ronaldy menuturkan, jumlah 15 mobil tangki yang dikirim untuk membagikan air, dikarenakan wilayah Bungko dekat dengan pinggir laut dan sulit mendapatkan air bersih, apalagi di musim kemarau.

“Warga di sini kerap kesulitan mendapatkan air bersih, terutama di musim kemarau,” ujar Roland.

Kegaduhan sempat terjadi setelah Kapolres Cirebon Kota AKBP Ronald Ronaldy meninggalkan lokasi pembagian air. Sebelumnya, Kapolres sempat melakukan simbolis pembagian air bersih.

Kegaduhan yakni cekcok mulut emak emak dan nyaris adu jotos karena tidak sabar dan khawatir tidak kebagian air bersih. Pembagian air sempat dihentikan dan cekcok mulut dapat dihentikan oleh kuwu desa bungko, M.Carkim. Tak lama, pembagian air bersih kembali dilanjutkan.

Kuwu desa Bungko M Carkim mengatakan, Bungko air memang banyak, tapi tidak bisa dipakai untuk kebutuhan sehari-hari. Terlebih air PDAM tidak bisa di gunakan, lantaran airnya keruh dan terasa asin.

“Air memang banyak, tapi tidak bisa di gunakan, warga kami dalam sehari mengeluarkan uang kurang lebih 30 ribu rupiah untuk kebutuhan sehari hari, dan air PDAM juga tidak bisa digunakan karena keruh dan asin,” pungkas M.Carkim.

Bagikan Artikel Ini