Wali Kota Cirebon Putuskan Shalat Jumat Ditiadakan Sementara

Wali Kota Cirebon Putuskan Shalat Jumat Ditiadakan Sementara

1
362
0
Kamis, 02 April 2020
News


Pemerintah Kota Cirebon meralat keputusan memberikan izin pelaksaan Shalat Jumat di Masjid Raya At Taqwa, Sebelumnya Pemkot Cirebon masih memperbolehkan pelaksanaan Shalat Jumat di Masjid Raya At Taqwa.

Keputusan tersebut diambil untuk mengimplementasikan Peraturan Pemerintah (PP) No. 21/2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Dalam PP itu disebutkan bahwa, PSBB meliputi kebijakan belajar di rumah, kerja, pembatasan kegiatan keagamaan dan/atau pembatasan kegiatan di tempat atau fasilitas umum.

Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis memutuskan, untuk meniadakan sementara pelaksanaan Shalat Jumat di Masjid Raya At-Taqwa dan masjid-masjid yang ada di Kota Cirebon mulai Jumat 03 April 2020 hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

“Shalat Jumat diganti dengan Shalat duhur di rumah masing-masing,” katanya, Kamis (2/4/2020).

Azis meminta Pengurus Islamic Center Masjid Raya At-Taqwa dan masyarakat Kota Cirebon untuk memaklumi adanya aturan tersebut karena kondisi saat ini seluruh elemen bangsa sedang berjuang untuk menekan penularan virus Covid 19 yang terus memakan korban jiwa di berbagai negara.

Azis pun mengaku keliru ketika mengeluarkan izin pelaksanaan salat Jumat pada hari sebelumnya. “Dengan kerendahan hati saya mengaku keliru dan minta maaf kepada masyarakat Kota Cirebon atas keterangan yang saya buat sebelumnya,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua DKM Masjid Raya At-Taqwa Ahmad Yani sepakat dengan keputusan Wali Kota sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) No. 21/2020. Namun pihaknya meminta kepala Pemkot Cirebon agar segera menyebarkan luaskan surat edaran Wali Kota ke Masjid-masjid di Kota Cirebon.

“Tidak cukup hanya lisan tapi perlu surat edaran khusus di tempat ibadah sebagai pegangan para DKM di seluruh masjid, untuk At Taqwa sendiri tidak ada masalah”, pungkasnya.

News

151 posts | 0 comments

Comments are closed.

Menu Title