Lantamal III Jakarta bersama Lanal Cirebon Sosialisasi Penerimaan Calon Prajurit Tahun 2020

Lantamal III Jakarta bersama Lanal Cirebon Sosialisasi Penerimaan Calon Prajurit Tahun 2020

Like
492
0
Selasa, 04 Februari 2020
News


Lantamal III Jakarta bekerjasama dengan Pangkalan TNI AL Cirebon (Lanal Cirebon) menggelar sosialisasi penerimaan calon prajurit TNI AL di SMK Negeri 2 Cirebon, Jl.Cipto MK, Selasa (04/02/2020).

Dihadapan ratusan siswa SMKN 2 Cirebon, TNI AL memperkenalkan satuan lengkap serta unjuk kebolehan dengan peralatan dan senjata yang dimiliki TNI AL.

Asisten Personel (Aspers) Danlantamal III Kolonel Laut (S) Binsar M. Sirait, mengatakan sosialisasi penerimaan prajurit TNI AL ini bertujuan untuk merekrut calon prajurit TNI Angkatan Laut di sekolah-sekolah Kota Cirebon baik yang SMA, SMK maupun dari Madrasah Aliyah (MA).

“Menjadi prajurit TNI AL harus melalui proses seleksi yang cukup ketat, supaya prajurit yang terpilih nantinya adalah yang benar-benar profesional dan siap berbakti untuk Nusa dan Bangsa. Karena itu, rekruitmen ini tidak dipungut biaya sepeser pun”, ungkapnya.

Binsar menjelaskan, apabila ada yang menjanjikan masuk menjadi TNI AL dengan meminta uang, maka segera catat namanya, pangkatnya apa, dan satuannya apa, kemudian langsung laporkan.

Menurut Binsar, pada tahun 2020 TNI AL membuka pendaftaran dibagi dalam dua gelombang. Adapun penerimaan calon prajurit TNI AL sebanyak 1800 orang.

“Gelombang pertama Bintara pria berjumlah 720 orang dan Bintara wanita 80 orang. Untuk gelombang ke-2 Bintara pria 630 orang Bintara wanita 70 orang, Sedangkan untuk Akademi Angkatan Laut jumlah kurang lebih 130 orang terdiri dari Taruna 115 orang dan Taruni 15 orang,” ucapnya.

Sementara, Danlanal Cirebon Letkol Laut (P) Agung Nugroho mengatakan kegiatan sosialisasi penerimaan calon prajurit TNI AL tahun ini rutin dilaksanakan tiap tahun dan untuk wilayah kerja Lantamal III ada 44 yang pertama di Cirebon kemudian di Banten Lampung dan juga di Bangka Belitung.

“Khusus di Cirebon kami bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Cirebon mencari bibit calon prajurit TNI AL yang punya standar dari TNI Angkatan Laut,” katanya.

Danlanal melanjutkan, pihaknya akan laksanakan internal dari Lanal Cirebon kepada sekolah-sekolah yang ada di wilayah Ciayumajakuning, Subang termasuk di Karawang.

“Kami akan berkoordinasi dengan pihak sekolah dan juga dengan pihak Dinas Pendidikan setempat. Jadi sosialisasi ini juga tidak berakhir di sini saja nanti ini menjadi tugas kami dari pangkalan untuk lebih memperkenalkan apa itu Angkatan Laut,” jelasnya.

Ia berharap semoga generasi muda dapat bergabung sehingga mereka bisa juga memberikan motivasi kepada generasi muda lainnya untuk bergabung dengan TNI Angkatan Laut.

“Generasi muda berhak mendaftarkan diri untuk mengabdi pada negara melalui prajurit TNI Angkatan Laut. Satu hal pendaftaran ini tidak dipungut biaya sepeserpun,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Sekolah SMKN 2 Kota Cirebon D. Kismono mengucapkan terima kasih kepada TNI Angkatan Laut yang telah memberikan sosialisasi kepada para siswa.

News

139 posts | 0 comments

Comments are closed.