Pendidikan

Tampil Memukau Resital Seni Budaya SMP 4 Kota Cirebon


SMP Negeri 4 Kota Cirebon menggelar pentas seni yang bertajuk “Resital Seni dan Budaya”. dengan tema yang diusung yaitu, Keberagaman Seni dan Budaya Nusantara. Acara tersebut dihelat berlangsung meriah dengan penampilan seni kolosal, modern, expo pendidikan dan bazar. Sabtu, (11/01/2020).

Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Kota Cirebon Sumiyati mengatakan,
dengan adanya kegiatan ini, anak yang tadinya diam atau tidak mempunyai rasa percaya diri, akan menjadi tumbuh percaya dirinya. Siswa juga akan berani tampil serta mendapatkan pengetahuan baru di bidang kesenian.

“adanya pentas seni ini, karakter anak di bidang seni bisa terlihat. Dan anak-anak ini akan lebih tertarik dengan seni yang ditampilkan sehingga bisa mempelajarinya kelak” kata Sumiyati.

Aksi memukau para siswa terlihat ketika memerankan kesenian khas Cirebon yakni seni drama teatrikal tentang Sunan Gunung Jati dan Putri Ong Tien. tidak hanya kesenian Cirebon namun ada juga yang menampilkan kesenian dari luar Cirebon.

“Kegiatan tersebut bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta dan karakter anak-anak, terhadap kesenian tradisional di Nusantara” ujar Sumiyati.

Masih menurut Sumiyati, dengan adanya Bazar di acara pentas kesenian ini, menjadi ajang kreasi para siswa kelas 7 dan 8 SMP Negeri 4 Kota Cirebon, untuk bisa belajar berwirausaha.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon, Irawan Wahyono yang menghadiri pentas seni mengaku dibuat bangga dan terpukau oleh penampilan siswa siswi kelas 9. Karena, mereka yang notabene masih usia SMP, mau melestarikan seni budaya yang ada di Cirebon, maupun Nusantara.

“Kegiatan ini jangan sampai cepat merasa puas, akan tetapi harus berani melakukan evaluasi seni dan budaya, Siswa yang mencintai seni dan budaya Cirebon, menunjukkan bahwa mereka adalah asli orang Cirebon, yang menjunjung tinggi kehormatan budaya yang dimiliki”, ucap Kadisdik, Irawan Wahyono.