Siaga Bencana, Lanal Cirebon Siap Diterjunkan Bantu Pemda

Siaga Bencana, Lanal Cirebon Siap Diterjunkan Bantu Pemda

Like
455
0
Rabu, 08 Januari 2020
News


Cuaca ekstrem dan curah hujan dengan intensitas lebat yang disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah termasuk Cirebon. Untuk itu Pangkalan TNI AL (Lanal) Cirebon siaga untuk membantu pemerintah daerah (Pemda) dalam menanggulangi bencana alam. Peralatan dan personil telah siaga untuk diterjunkan jika terjadi bencana di wilayah Lanal Cirebon.

Menurut Komandan Lanal Cirebon Letkol Laut (P) Agung Nugroho, Lanal Cirebon punya tanggung jawab penanggulangan bencana alam dan kemanusiaan.

“Selain bertugas untuk perang, TNI juga membantu penanggulangan bencana dan kemanusiaan dan Ini sesuai dengan Undang-undang RI No 34 tahun 2004 tentang TNI”, Ucap Danlanal usai menggelar apel satgas bencana alam, di Mako Lanal Jl. Kesunean Kota Cirebon, Rabu (08/01/2020).

Agung menambahkan, dari Lanal Cirebon sendiri akan disiapkan personel sebanyak 1 pleton berjumlah 35 orang yang bisa digeser atau bergerak kemana pun (mobile) untuk membantu penanganan bencana alam.

Selain itu Lanal Cirebon bekerja sama dengan instansi terkait diantaranya, BASARNAS, BPBD, Polair Polda Jabar, Polres, Polsek dan Kodim serta Koramil setempat.

“Para personel akan ditempatkan di beberapa pos seperti Posal Blanakan, Satgas Patimban, Posmat Eretan, Posmat Karangsong, Posmat Bondet, Mako Lanal Cirebon, dan Posal Gebang”, kata Agung.

Tidak hanya wilayah Cirebon, Lanal juga siap membantu pemerintah daerah yang ada di wilayahnya, seperti di wilayah Ciayumajakuning, Subang dan Karawang.

“kesiapsiagaan bencana ini merupakan bagian dari langkah antisipasi bencana sejak dini mengingat cuaca ekstrem mulai datang”, pungkas Agung.

News

163 posts | 0 comments

Comments are closed.

Menu Title