Jamin Keamanan Natal, Polisi Sterilisasi Gereja

Jamin Keamanan Natal, Polisi Sterilisasi Gereja

Like
449
0
Selasa, 24 Desember 2019
News


Polres Cirebon Kota bersama Tim Jibom Brimob Polda Jabar melakukan sterilisasi sembilan gereja untuk memastikan keamanan jelang Misa Natal.

Gereja pertama yang dikunjungi adalah Gereja GSPDI Filadelphia di Jalan Kalibaru, kemudian sterilisasi dilanjutkan ke Gereja Kristen Pasundan, Gereja Katolik Santo Josep, Gereja Bethel Indonesia serta gereja lainnya. Dalam proses sterilisasi tersebut, personel gabungan langsung memeriksa setiap sudut ruangan, termasuk kursi jemaat, mimbar hingga altar panggung dengan menggunakan metal dan mirror detector.

Kapolres Cirebon Kota AKBP Roland Ronaldy didampingi Kasubag Humas Polres Cirebon Kota IPDA Ngatidja mengatakan, sterilisasi gereja melibatkan personel dari unsur Sabhara (obvit), Provost, Intel dan Jibom Brimob Polda Jabar yang dipimpin IPTU Sudiana.

Menurut Roland, tidak semua gereja dilakukan sterilisasi, namun hanya beberapa titik saja yang memang dianggap rawan dan mempunyai banyak jemaat.

“Jumlahnya ada sembilan gereja yang berpotensi adanya gangguan dan memiliki jemaat yang banyak” kata Roland, Selasa (24/12/2019).

Roland juga meminta bantuan dari pihak keamanan gereja untuk memberikan informasi terkait jemaat yang rutin datang ke gereja.

“Petugas keamanan gereja biasanya hapal wajah jemaat yang sering datang ke gereja, kalau ada wajah baru, maka secepatnya berikan informasi ke kami,” katanya.

Tujuan sterilisasi untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi umat Nasrani dalam menjalankan ibadahnya, serta Selama operasi Natal dan Tahun Baru, Polres Cirebon Kota menyiagakan sebanyak 750 personel gabungan dari unsur Polisi, Satpol PP dan TNI.

News

151 posts | 0 comments

Comments are closed.

Menu Title