Kampung Seni Kanoman Jadi Daya Tarik Wisata Baru di Kota Cirebon


Kampung Wisata Seni yang berlokasi di sekitar Keraton Kanoman menjadi salah satu destinasi wisata baru di Kota Cirebon. dengan wisata baru ini diharapkan mampu menarik wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke Cirebon.

Kampung Wisata Seni Kanoman resmi dibuka oleh Wakil Walikota Cirebon Eti Herawati, Senin (16/12/2019). Eti mengatakan, Kampung Wisata Kanoman menjadi salah satu destinasi wisata baru di Kota Cirebon dan diharapkan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Udang ini.

“Kampung Wisata Seni harus dapat dikembangkan jangan seremonial saja, sebab kalau hanya seremoni maka tidak akan berkembang, harus tertata dengan baik”, kata Eti.

Sementara Kabid Pariwisata Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (DKOKP) Kota Cirebon, Eddy Tohidi mengatakan
Tahun 2020 pihaknya menargetkan satu juta pengunjung serta lima kampung wisata baru di Kota Cirebon. Hingga saat ini, baru tiga, yakni Kampung Wisata Kanoman, Kampung Wisata Benda Kerep dan Kampung Wisata Merbabu.

“Tiap kampung wisata mempunyai ciri khas. Ada yang pada bidang seni, religi dan kebersihannya. Kampung wisata ini menjadi pilihan baru bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Kota Cirebon”, ucap Eddy.

Eddy menambahkan, Kampung Wisata Seni mengajak pengunjung mengenal seni, budaya dan kuliner Cirebon, mulai dari melihat latihan tari serta saat warga memproses pembuatan kuliner.

Di Kampung Seni Kanoman, pengunjung dapat mengikuti pelatihan gamelan khas Cirebon dalam waktu 10 menit. Warga sekitar dari tingkat SD hingga SMA akan memanjakan mata pengunjung dengan pertunjukkan tari khas daerah, di antaranya tari sintren, tarling, dan tari topeng.

Selain itu pengunjung juga bisa membeli oleh-oleh yang hanya ada di Kampung Seni Kanoman yakni sirup pusaka, jajanan khas buatan tangan warga salah satunya yakni rengginang. dan pengunjung pun dapat melihat langsung saat memproduksi rengginang.

Menu Title